Liga Europa

Menerka Calon Lawan AC Milan di Liga Europa, Ketemu Gattuso?

Sabtu, 16 Desember 2023 01:01 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Ciro De Luca
Olivier Giroud berselebrasi usai mencetak gol kedua ke gawang Napoli bersama rekan tim Rafael Leao dan Theo Hernandez pada laga Serie A Italia. (Foto: REUTERS/Ciro De Luca)

FOOTBALL265.COM - Klub Liga Italia (Serie A), AC Milan, berpeluang menghadapi sederet lawan berat pada babak play-off 16 besar Liga Europa 2023/2024, termasuk bertemu klub besutan Gennaro Gattuso.

Perjalanan AC Milan di ajang Liga Champions 2023/2024 resmi berakhir. Klub berjuluk Rossoneri tersebut dipastikan tersingkir setelah hanya mampu menjadi peringkat 3 Grup F.

AC Milan sejatinya berhasil mengalahkan Newcastle United 2-1 di laga pamungkas. Sayang, kegagalan Paris Saint-Germain mengalahkan Borussia Dortmund membuat peluang Rossoneri lolos tertutup.

Hasil ini membuat AC Milan "turun kasta" ke Liga Europa. Mereka pun diharuskan melakoni laga play-off dengan tim runner-up fase grup Liga Europa musim ini untuk memperebutkan 1 tiket ke babak 16 besar.

Tercatat, ada 8 klub yang finis sebagai runner-up di fase grip Liga Europa musim ini. Namun, AC Milan dipastikan tidak akan melawan AS Roma karena dua tim dari negara yang sama tidak bisa bertemu pada tahap ini.

Dengan demikian, hanya ada 7 klub yang berpeluang menjadi lawan AC Milan pada babak play-off. Mereka adalah Freiburg, Marseille, Sparta Praha, Sporting CP, Toulouse, Rennes, dan Qarabeg.

AC Milan masih beruntung. Setidaknya, mereka bakal terhindar dari sederet klub raksasa yang menjadi juara grup, seperti Liverpool, Bayer Leverkusen, hingga Brigthon & Hove Albion.

Adapun pihak UEFA akan melakukan pengundian babak play-off Liga Europa 2023/2024 pada Senin (18/12/23) pukul 14.00 waktu Inggris.

Sebelum pengundian tersebut, menarik rasanya menerka-nerka klub mana yang akan dihadapi Rossoneri pada babak play-off guna memperebutkan tiket ke babak 16 besar.

Dari 7 klub tersebut, setidaknya ada 3 klub yang layak menjadi sorotan, yakni Marseille, Toulouse, dan Sporting CP. Apa alasannya? Berikut ulasan FOOTBALL265.COM.