Siap-siap Voli Mania, 3 Kota Ini jadi Tuan Rumah Livoli Divisi Utama 2023

Jumat, 20 Oktober 2023 23:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Preskon Livoli Divisi Utama 2023. (Foto: Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT) Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Preskon Livoli Divisi Utama 2023. (Foto: Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Livoli Divisi Utama 2023 akan bergulir 6 November hingga 10 Desember mendatang. Ada tiga kota yang dipilih jadi tuan rumah yakni Tangerang, Magetan dan Kediri.

Livoli Divisi Utama 2023 menggunakan format penyisihan grup (babak reguler),  final four dan grand final. Ada delapan tim putra dan delapan tim putri yang bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Berdasarkan hasil drawing tim putra, Grup A ditempati juara bertahan,  Indomaret Sidoarjo, PDAM Tirta Bhagasari, DPUPR Rafabinar dan Semarang Berlian Bank Jateng.

Sedangkan Grup B dihuni STIN Pasundan Bandung, Jakarta TNI AU, Surabaya BIN Samator dan Bogor LavAni.

Sementara itu dari sektor tim putri, Grup DD ditempati juara bertahan, Surabaya Bank Jatim, Jakarta Popsivo Polwan, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, dan Jakarta Bharata Muda.

Lalu Grup EE terdiri dari Jakarta TNI AU, Jakarta TNI AL, Kharisma Premium Bandung dan Jakarta BIN 02C.

Babak reguler pertama dijadwalkan berlangsung di GOR Indoor Stadium, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang pada 6-11 November mendatang.

Sementara babak reguler kedua berlangsung di GOR Ki Mageti, Magetan pada 14-19 November. Awalnya seri ini akan berlangsung di Madiun, tetapi panitia setempat ternyata tidak siap.

"Oleh karena itu, GOR kami pindahkan dan tanggal juga kami undur sepekan,” ucap Ketua III Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP PBVSI, Reginald Nelwan.

Dua tim teratas dari masing-masing grup di akhir babak reguler kedua akan melaju ke babak final four. Seri ini akan berlangsung di GOR Jayabaya, Kediri pada 1-10 Desember.

“Ini merupakan bagian pembibitan dari setiap klub bola voli yang ada di Tanah Air,” kata Ketua Umum PP PBVSI, Komjen Pol Drs. Imam Sudjarwo.

Livoli divisi utama akan memperebutkan piala bergilir, piala tetap, serta hadiah uang pembinaan total sebesar Rp460 juta. 

Setiap klub peserta akan mendapat subsidi Rp15 juta untuk putaran reguler dan Rp25 juta untuk tim yang masuk grand final.

Para penggemar voli tanah air dipastikan tidak akan kesulitan menyaksikan ajang Livoli Divisi Utama 2023. Seluruh pertandingannya akan disiarkan langsung oleh Moji, Nex Parabola, dan Vidio yang berstatus pemegang hak siar.