Liga 1

Pesan Menohok Rahmad Darmawan pada Pemain Barito Putera Jelang Libur Panjang

Kamis, 21 Desember 2023 11:25 WIB
Penulis: Martini | Editor:
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan dalam sesi konfrensi pers usai pertandingan Liga 1.

FOOTBALL265.COM - Kompetisi Liga 1 2023/2024 akan menghadapi libur panjang selama Piala Asia 2023, Rahmad Darmawan memberikan pesan menohok pada pemain Barito Putera.

Kompetisi Liga 1 2023/2024 akan diliburkan di pekan terakhir Desember, sepanjang bulan Januari, dan baru kembali digelar lagi pada awal Februari 2024, total sekitar lima pekan.

Para pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia akan fokus membela tim di Piala Asia 2023 Qatar, yang akan dihelat pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 nanti.

Berhubung tidak ada pemain Barito Putera yang dipanggil ke Timnas Indonesia, maka skuat berjuluk Laskar Antasari dibubarkan, dan akan kembali lagi di awal Februari nanti.

Pertandingan terakhir melawan Arema FC di Stadion Demang Lehman, Minggu (17/12/23) jadi laga terakhir Barito Putera di tahun ini.

Meski hanya bisa menang 1-0 atas Arema FC berkat gol tunggal Bagus Kahfi, hasil ini patut disyukuri karena tiga laga sebelumnya Barito tak pernah menang.

Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan mengaku permainan anak asuhnya sudah lebih baik dan minim emosi. Ia berharap catatan ini bisa dipertahankan pemain.

Maklum, di laga sebelumnya melawan Madura United, Barito Putera kalah 4-1 lantaran pemainnya terpancing emosi dan diganjar kartu merah oleh pengadil pertandingan.

"Saya berharap ini bisa terus dipertahankan. Karena jujur, ketika mereka melakukan hal di luar kontrol di sepak bola (emosian), tidak akan membantu," ucap Rahmad Darmawan.

"Itu hanya akan merugikan, karena mereka bermain tidak seperti biasa, akhirnya mereka marah atau emosian. Pada pertandingan terakhir (vs Arema) mereka terlihat fokus," tambah RD.

Apresiasi untuk Bagus Kahfi

© MO Arema FC
Barito Putera vs Arema FC Copyright: MO Arema FCBarito Putera vs Arema FC

Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan mengaku sangat senang dengan kinerja para pemain yang mau bekerja keras di lapangan, tanpa perlu melakukan tindakan tak terpuji.

"Kami bisa mengontrol permainan. Pemain yang saya suka adalah mereka fight, tetapi mereka tetap fokus dan tidak melakukan hal-hal tidak penting," ungkap Rahmad Darmawan.

Hasilnya, Barito Putera berhasil mencetak satu gol lewat akselerasi Bagus Kahfi, usai memanfaatkan umpan dari striker anyar Laskar Antasari, Devid de Santana Silva.

Gol ke gawang Arema FC merupakan gol debut Bagus Kahfi di Liga 1. Hal ini menjadi pertanda bahwa karier sepak bolanya tetap hidup meski tak lagi tampil di kancah Eropa.

"Setelah saya kembali ke Indonesia, saya bersyukur selalu diberi kepercayaan untuk bermain dan mengeluarkan bakat saya," ungkap Bagus Kahfi selepas laga.

"Gol pertama selalu spesial. Alhamdulilah saya bisa memberikan yang terbaik," tambah saudara kembar Bagas Kaffa tersebut.

Gol ini juga menjadi persembahan Bagus Kahfi untuk suporter Barito Putera, karena saat kompetisi Liga 1 digelar lagi di bulan Februari, tim sudah pindah homebase ke Jawa.

Terlepas dari hal itu, Bagus Kahfi sebenarnya digadang-gadang untuk menjadi penyerang Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 nanti.

Hanya saja, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong masih memercayakan pada Dendy Sulistyawan, Dimas Drajad, Hokky Caraka, Ramadhan Sananta, dan Rafael Struick.

Nampaknya Bagus Kahfi masih harus berjuang lagi untuk membuktikan kualitasnya di lini depan Timnas Indonesia.