In-depth

3 Pemain Dunia Pernah Bela Mitra Kukar, Klub Sultan yang Kini Tinggal Kenangan

Kamis, 14 Desember 2023 12:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© liga-indonesia.id
Gelandang Mitra Kukar, Danny Guthrie saat dibuntuti pemain Perseru Serui.

FOOTBALL265.COM - Ada tiga pemain kelas dunia yang pernah membela Mitra Kukar, klub 'sultan' asal Kalimantan Timur yang baru saja memutuskan mundur dari perhelatan Liga 3.

Mitra Kukar pernah menjadi klub panutan Liga 1 karena banyak mendatangkan pemain asing berkelas. Klub berjuluk Naga Mekes ini juga jor-joran menggelar TC di luar negeri.

Namun, Mitra Kukar akhirnya degradasi di akhir musim Liga 1 2018. Bukannya bangkit untuk kembali ke kasta tertinggi, tim Naga Mekes justru turun lagi ke Liga 3.

Liga 3 zona Kalimantan Timur mestinya segera digelar. Namun Mitra Kukar justru mengumumkan bahwa mereka mundur dari kompetisi ini, tidak akan ikut serta melakoni pertandingan.

Fakta ini membuat penggemar sepak bola terkejut. Banyak yang terkenang beberapa pemain kelas dunia yang pernah didatangkan Mitra Kukar ke Tanah Air.

1. Mohamed Sissoko

© Dailystar.co.uk
Mantan pemain Liverpool, Mohamed Sissoko resmi gabung Mitra Kukar FC. Copyright: Dailystar.co.ukMantan pemain Liverpool, Mohamed Sissoko resmi gabung Mitra Kukar FC.

Ketika Liga 1 menggunakan Marquee Player atau pemain kelas dunia pada tahun 2017, Mitra Kukar mendatangkan Mohamed Sissoko yang memiliki CV sangat mentereng.

Sebelum membela Mitra Kukar, Mohamed Sissoko malang-melintang di klub-klub besar Eropa. Pemain asal Mali ini sempat membela Valencia, Liverpool, Juventus, hingga PSG.

Namun bersama Mitra Kukar, Mohamed Sissoko hanya bertahan selama satu musim saja. Ia mencetak lima gol dari 26 pertandingan.

Setelah cabut dari Mitra Kukar, Mohamed Sissoko sempat membela klub asal Meksiko, Atletico San Luis. Hanya saja, ia mengaku tak bisa melupakan Indonesia.

"Saya telah melakukan keliling dunia. Negara yang paling saya sukai adalah Indonesia. Saya sangat menikmatinya di sana, saya belajar banyak hal," ucap Sissoko via Ilposticipo.

2. Danny Guthrie

© Getty Images
Danny Guthrie saat berseragam Newcastle. Copyright: Getty ImagesDanny Guthrie saat berseragam Newcastle.

Danny Guthrie merupakan siswa Akademi Manchester United yang menyeberang ke Liverpool pada 2002. Ia menjalani debut profesional di Anfield tiga tahun kemudian.

Guthrie dipinjamkan ke Southampton dan Bolton Wanderers, lalu pindah ke Newcastle United pada 2008, lalu lanjut di Reading.

Guthrie sempat dipinjamkan ke Fulham sebelum bergabung permanen ke Blackburn Rovers. Selanjutnya, performanya menurun dan hijrah me klub non liga, Oakengates Athletic.

Tak laku di Inggris, Guthrie mencari tantangan baru di luar negeri. Pada 4 Januari 2018, Mitra Kukar mengumumkan mendatangkan Guthrie.

Dia bermain di Liga 1 2018 dengan catatan 29 pertandingan dan 2 gol. Saat itu, Naga Mekes finish di posisi 16 dan akhirnya tim degradasi ke Liga 2, lalu kemudian Liga 3.

3. Marcus Bent

Nama Marcus Bent mulai mencuat ketika ia memperkuat Sheffield United pada musim 1999/2000. Kariernya terbilang cemerlang dengan torehan 20 gol dari 48 laga.

Apalagi Marcus Bent merupakan saudara kandung striker Aston Villa, Darrent Bent. Namanya semakin diperhitungkan di kancah Eropa.

Setelah membela Sheffield, Marcus Bent mulai berpindah-pindah klub, seperti Everton, Wigan Athletic, Birmingham City, Queens Park Rangers, hingga Wolverhampton Wanderers.

Barulah pada era Liga Super Indonesia 2012,  Bent terbang ke Indonesia dan membela Mitra Kukar. Untuk pemain asing di masa itu, Bent adalah salah satu yang CV-nya paling oke.

Sayangnya, penampilan Bent jauh dari kata memuaskan. Sang striker asing hanya main setengah musim saja, dengan koleksi 4 gol dari 8 pertandingan.