On This Day: Berlinang Air Mata, Lee Chong Wei Umumkan Pensiun

Sabtu, 13 Juni 2020 21:36 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Twitter@unreservedmedia
Tepat hari ini, 13 Juni 2019 lalu, legenda Malaysia, Lee Chong Wei mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia bulutangkis sambil berlinang air mata. Copyright: © Twitter@unreservedmedia
Tepat hari ini, 13 Juni 2019 lalu, legenda Malaysia, Lee Chong Wei mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia bulutangkis sambil berlinang air mata.

FOOTBALL265.COM - Tepat hari ini, 13 Juni 2019 lalu, legenda tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia bulutangkis sambil berlinang air mata.

Satu tahun yang lalu, eks pebulutangkis tunggal putra nomor 1 Malaysia, Lee Chong Wei telah memutuskan mundur dari dunia yang membesarkan namanya. Pengumuman tersebut disampaikannya pada Kamis (13/04/19) hari ini dengan berderai air mata.

Lee Chong Wei diketahui memutuskan untuk pensiun dari dunia bulutangkis setelah dirinya divonis menderita kanker hidung dan telah mengalami fase pemulihan setahun belakangan. Sempat diperkirakan bakal segera comeback, kondisi terbarunya rupanya tak mengizinkan legenda bulutangkis Malaysia tersebut untuk bisa melakukannya.

Sebelum mengumumkan pensiun, Lee Chong Wei dikeahui telah rutin menjalani pemeriksaan rutin sejak Juli tahun 2018 lalu sebelum akhirnya melakukan serangkaian pengobatan di Chinese Taipei pada September.

Penderitaan yang dialami Chong Wei pun masih berlanjut sampai pengobatannya selesai. Ia harus melalui 33 sesi terapi proton yang sempat membuatnya tidak nyaman. Meskipun berhasil sembuh, dokter menyarankan Lee Chong Wei menghindari aktivitas yang dapat menimbulkan stres agar penyakit kanker hidungnya tidak kambuh lagi.

Tentunya memutuskan mundur setelah 19 tahun lamanya berkarier bukanlah perkara yang mudah untuk Lee Chong Wei. Hal itu pun terbukti ketika ia akhirnya berurai air mata pada saat mengumumkan keputusannya di konferensi pers yang digelarnya Kamis (13/06/19) lalu.

Berdasarkan video yang diposting oleh akun twitter @MelGohCNA, Chong Wei yang sedang berbicara tiba-tiba tak kuasa menahan kesedihannya hingga akhirnya menundukkan kepalanya sambil berurai air mata.

Keputusan legenda tunggal putra Malaysia mundur dari dunia bulutangkis itu pun mendapat komentar dari berbagai pihak, salah satunya Hariyano Arbi yang merupakan salah satu legenda tunggal putra Indonesia.

"Selamat jalan kepada Lee Chong Wei. Ini memang keputusan yang berat, namun yang pasti menjadi keputusan yang terbaik untuknya," ujar Hariyanto Arbi seperti dilansir dari Antara.

Legenda bulutangkis tunggal putra Indonesia tersebut pun menilai kalau selama 19 tahun, Chong Wei memiliki karier yang sangat bagus dan prestasi yang stabil. Setidaknya, ia sudah meraih 3 gelar All England, 3 medali perak Olimpiade secara beruntun di tahun 2008, 2012 dan 2016 serta prestasi-prestasinya yang lain.

"Lee Chong Wei merupakan atlet yang pekerja keras dan tidak mudah menyerah. Komitmennya juga luar biasa, dia sangat loyal, rendah hati dan sangat menghormati seluruh atlet yang ditemuinya, ia sama sekali tak pernah membeda-bedakan," pungkasnya.

Selama masih aktif sebagai pebulutangkis, Lee Chong Wei telah mengantongi 69 gelar, bertahan selama 310 minggu di peringkat satu dunia untuk sektor tunggal putra, meraih 3 medali Perak Olimpiade dan 34 kali menjadi runner-up.