Komunitas Sehat

Onyx Fit Club: Berawal dari Komunitas Lari hingga Menjadi Fitness Fungsional Club

Senin, 14 Agustus 2023 17:38 WIB
Editor: Isman Fadil
© Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Onyx Fit Club, komunitas Fitness Fungsional yang bertempat di BSD, Tangerang. (Foto: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM – Onyx Fit Club merupakan sebuah komunitas Fitness Fungsional yang bertempat di BSD, Tangerang yang baru saja berulang tahun keenam pada 13 Agustus 2023.

Fabio Halim, selaku salah satu pendiri dari Onyx Fit Club menuturkan, jika awalnya ia membentuk komunitas ini dari komunitas lari, lalu mulai berpindah ke latihan fitness.

“Pertama berdiri itu dimulai di Alam Sutera, dari komunitas lari sih, dari situ mulai exhibitioning seminggu sekali, terus akhirnya orangnya mulai banyak, jadi akhirnya kita buka kelas pagi dan sore sampai akhirnya buka di sini (BSD),” imbuh Fabio kepada INDOSPORT.com.

“Pas 2017 dimulai pertama awalnya masih seminggu sekali, terus tambah jadi dua kali dan mungkin mulai rutinya di tahun 2018. Dulu sih Cuma 10 orang, itu juga ada yang gak konsisten, tapi lama-lama akhirnya bertambah sekarang jadi sekitar 100 orang lebih, tapi ya yang aktif masih 60 lebih,” lanjutnya.

Untuk memperingati ulang tahun yang keenam, biasanya Onyx menggelar kompetisi internal dari sejumlah workout yang diperhitungkan dengan sistem rank.

“Kita tiap anniversary biasa bikin kompetisi per tim ada 2-3 orang, tujuannya ya biar pengen mereka have fun, jadi gak sekadar kompetisi biasa. Kalo bilangnya kompetisi, biasa mindset mereka jadi ada pressure, jadi ada beban, kita gak mau gitu, jadi ya biar di bawa fun aja, contohnya kumpul bareng member lain,” tambahnya.

“Cara ngitung poinnya kayak dilihat dari beberapa workout, poin dari cardio sama gymnastic. Penilaiannya dilihat dari rank berapa timnya, kalo rank 1 nilainya 1, kalo rank 2 brati 2, yang paling kecil poinnya berarti dia yang menang,” lanjutnya.

“Total peserta tahun ini ada 19 tim, satu tim bisa tiga orang, berarti kurang lebih ada 57 orang yang ikut,” sambung Fabio.

Lebih lanjut, Fabio juga menjelaskan jika kompetisi yang dibuat ini tidak memiliki syarat yang berat, lantaran pesertanya sudah saling mengenal dan tahu apa yang harus dilakukan.

Sehingga para peserta tinggal mendaftarkan diri saja, karena setiap perlombaan workout yang diberikan pada dasarnya sudah diatur agar semua bisa ikut.

Harapan di Ulang Tahun Keenam serta Perbedaan Gym dan Fungsional Fitness

Berdiri sejak tahun 2017 lalu, Onyx Fit Club terus berkembang, khususnya di wilayah BSD. Rentan usia yang ikut pun tidak dibatasi, karena faktanya ada member yang kurang lebih berusia 16 tahun hingga 61 tahun.

Sebagai salah satu pendiri komunitas, Fabio menuturkan harapannya agar komunitasnya bisa semakin besar dan bisa membantu banyak orang untuk memiliki pola hidup yang sehat.

© Hendro Hardiyanto/INDOSPORT
Onyx Fit Club, komunitas Fitness Convensional yang bertempat di BSD, Tangerang. (Foto: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT) Copyright: Hendro Hardiyanto/INDOSPORTOnyx Fit Club, komunitas Fitness Fungsional yang bertempat di BSD, Tangerang. (Foto: Hendro Hardiyanto/INDOSPORT)

“Ya harapannya sih supaya komunitas lebih besar, lebih banyak orang yang mau ikut juga, supaya semua orang bisa punya hidup sehat, jadi bukan cuma buat gaya-gaya aja, tapi memang bisa jalani pola hidup yang sehat dengan benar,” ujarnya.

Lebih lanjut, Fabio juga menuturkan perbedaan dari Gym dan Fungsional Fitness. Karena pastinya, masih banyak yang belum tahu apa perbedaan mendasar dari keduanya.

“Ada perbedaan sedikit ya antara Gym dengan fungsional fitness. Kalo gym itu mereka fokusnya untuk build badan, bentuk badan biar estetik, bagus, dan indah gitu.”

“Tapi kalo fungsional gym, lebih ke daya ukur performance, kayak bisa gak lari 5km di bawah 30 menit atau pull up 25x tanpa break. Jadi yang dilihat adalah performa fisiknya sampai mana itu,” tutup Fabio Halim, salah satu pendiri Onyx Fit Club.